Rabu, 16 Januari 2013

Aplikasi Pengelolaan PT Makmur Abadi Mandiri dengan Sistem Akuntansi dan DSS dalam Menentukan Pemasok

kelompok :
1. Rizka Febrianto (36111315)
2. Reza Aditya Saputra (36111030)
3. Rijed Yasmin (36111198)
4. Quinna Tampubulon (38111725)


Aplikasi Pengelolaan PT Makmur Abadi Mandiri dengan Sistem Akuntansi dan DSS dalam Menentukan Pemasok 
Diana Trivena Y, Suntono Jurusan S1 Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Maranatha Jl. Prof. Drg. Suria Sumantri no. 65 Bandung 40164 email: diana.ty@eng.maranatha.edu, rythem_mix@yahoo.com

“Aplikasi pengeloaan PT MAKMUR ABDI MANDIRI” is an apllication for perfection of bussines procces that happen with adjustment of market need today. This application build for handle selling, buying, restock inventori that included with Accounting and search fiture. This application supported by Deccision Suport System for choosing supplier that calculates values of criteria and compares it. With this application pleased can help in handling data and make deccision that correct and fleksible. This application build using C# programming language and SQL Server 2008 database. 
Key Word : Deccision Suport System, System Acounting

I. Pendahuluan 
 PT Makmur Abdi mandiri merupakan pabrik dompet dan ikat pinggang yang berlokasi di Kapuk Kamal Muara II, gg Cendana No.7, Jakarta. Kesulitan terjadi di pabrik tersebut karena setiap minggu harus melakukan pencetakan laporan data barang yang jenisnya banyak. Penyisipan data yang ada juga acak- acakan. Pembuatan struk belanja juga mengalami kendala yaitu kesulitan sinkronisasi data harga barang baru yang sebenarnya mengalami kenaikan. Semua data- data tersebut disimpan secara manual di dalam komputer. Selain itu kendalah utamanya yaitu efektifitas dalam pemilihan suplier dari segi kualitas barang, harga barang, dan ketepatan waktu.  Pembuatan sistem informasi dimulai dengan melakukan analisis. Dari hasil analisis dilakukan perancangan sistem akuntansi yang sesuai dengan intergrasi dari modul penjualan dan pembelian serta diharapkan dapat mempermudah dalam mengelola pengimputan data, penyimpanan data, pembelian dan penjualan, data barang , data pemasok, data pelanggan, order barang, laba rugi, perubahan modal, aliran kas, dan neraca, serta sistem yang dilengkapi dengan DSS untuk efektifitas dalam pemasokan barang melalui suplier. 

2. Pemilihan pemasok saat melakukan pembelian berdasarkan order pembelian. 3. Pembuatan laporan akuntansi keuangan.  II. Kajian Teori 
II.1. Sistem Informasi “Sistem informasi adalah sekumpulan hardware , software , brainware, prosedur dan atau aturan yang diorganisasikan secara integral untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat guna memecahkan masalah dan pengambilan keputusan”(Jogiyanto,2001:13) Sebuah sistem informasi merupakan suatu kumpulan atau seperangkat komponen yang berhubungan dan mendukung dengan fungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mendistribusikan informasi. Hasil dari proses tersebut digunakan pihak manajemen sebagai suatu dasar dalam pembuatan keputusan organisasi. Selain itu, sistem informasi yang baik juga dapat membantu dalam hal  penganalisaan dan visualisasi masalah dalam penciptaan produk baru.  
II.2. DSS ( Decision Suport System)
Pengambilan keputusan adalah pemilihan beberapa tindakan alternatif yang ada untuk mencapai satu atau beberapa tujuan yang telah ditetapkan (Turban, 2005). Sistem pendukung keputusan adalah suatu sistem berbasis komputer yang menghasilkan berbagai alternatif keputusan untuk membantu manajemen dalam menangani berbagai permasalahan yang terstruktur ataupun tidak terstruktur dengan menggunakan data dan model (McLeod,1998:96). Menurut Turban (1999), komponen Sistem Pengambilan Keputusan dapat dibangun dari subsistem berikut ini,  1. Subsistem Manajemen Data (Data Management Subsystem), meliputi basis data – basis data yang berisi data yang relevan dengan keadaan dan dikelola software yang disebut DBMS ( Database Management System ). 2. Subsistem Manajemen Model ( Model Management Subsystem ), berupa sebuah paket software yang berisi model-model finansial, statistik, management science , atau model kwantitatif, yang menyediakan kemampuan analisa dan software management yang sesuai. 3. Subsistem Manajemen Pengetahuan ( Knowledge Management Subsystem ), merupakan subsistem ( optional ) yang dapat mendukung subsistem lain atau berlaku sebagai komponen yang berdiri sendiri ( independent ). 4. Subsistem Antarmuka Pengguna ( User Interface Subsystem ), merupakan subsistem yang dapat dipakai oleh user

V. Tujuan dan Saran V.1. Simpulan  
Pada bagian laporan sebelumnya dijelaskan seluruh hasil analisis mengenai pembelian, penjualan, penentuan pemasok, dan akuntansi keuangan, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan atau tujuan yang berkaitan dengan pembahasan yang dilakukan yaitu:
1. Aplikasi yang dibangun memiliki fungsi untuk mendukung jalannya usaha yang dimiliki oleh pemilik PT makmur Abdimandiri
2. Menu yang ada pada aplikasi dapat langsung dimengerti kegunaannya oleh user .
3. Dengan adanya aplikasi yang dibangun pekerjaan dapat dikerjakan lebih mudah 
4. Data-data yang dihasilkan oleh aplikasi sangat berguna bagi perusahaan.
5. Laporan Keuangan yang dihasilkan oleh aplikasi sangat berguna bagi perusahaan. 
6. Fungsi DSS pemilihan pemasok sangat berguna bagi perusahaan. 
V.2. Saran  
 Aplikasi Pengelolaan PT MAKMUR ADBIMANDIRI dengan Sistem Akuntasi dan Dss  digunakan untuk mendukung usaha yang sedang berjalan,
namun untuk dapat lebih mendukung usaha yang dijalankan maka terdapat beberapa saran yang diberikan: 1. Tampilan awal pada aplikasi lebih dikembangkan supaya lebih menarik. 2. Menu untuk mengatur penilaian pemasok terasa sedikit memusingkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar