Jumat, 30 Maret 2012

Tahapan Kerja Menjalankan Bisnis Online

Sebelum terjun di dunia bisnis online sebenarnya ada beberapa kerangka kerja ataupun tahapan yang harus dijalankan dalam memulai bisnis online, sebagai berikut :

Menentukan ide dasar
Ide bisnis online dasar akan mempengaruhi hasil bisnis  anda secara keseluruhan. Menentukan ide bisnis online sebaiknya berdasarkan atas minat, hobi, atau keahlian, karena ini menyangkut konsistensi dalam update dan pengelolaan blog. Ide bisnis online berdasarkan hobi atau keahlian akan lebih mudah mendekatkan anda dengan calon - calon pelanggan anda, karena pembeli akan lebih suka dengan penjual yang menjual barang atau jasa yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Melakukan riset kata kunci
Berdasarkan ide bisnis online yang telah ditentukan di atas, selanjutnya kita akan melakukan riset kata kunci. Tujuan dari riset kata kunci adalah yang pertama untuk menemukan pasar ceruk dalam artian menemukan kata kunci yang banyak pencarinya namun blog pesaing yang menggunakan kata kunci tersebut sangat kecil, sehingga calon pelanggan akan lebih mudah menemukan website atau blog kita.

Membuat website / blog
Sekarang ini tidak ada orang yang tidak tahu cara membuat blog atau website. Bagi pemula dapat membuat blog atau website secara gratis melalui situs - situs penyedia blog engine bahkan dengan template blog yang keren - keren  seperti Blogger, Wordpress dan Joomla. Walaupun gratisan namun dengan memanfaatkan fitur yang ada, maka dapat diciptakan blog atau website profesional sebagai mesin penjualan. Bagaimana kaitannya blog atau website ini dengan bisnis online? begini ceritanya, berdasarkan kata kunci yang tepat, kita akan membangun niche blog atau website dengan satu topik yang membahas informasi yang relevan dengan kata kunci tersebut. Antara kata kunci dan konten blog atau website harus relevan, ini merupakan syarat mutlak optimasi blog atau website, sehingga mesin pencari akan lebih mudah untuk memposisikan blog atau website pada halaman teratas pada hasil pencarian.

Optimasi website / blog
Optimasi blog atau website merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja dari blog agar menjadi search engine friendly, artinya blog atau website yang disukai mesin pencari, sehingga blog akan menjadi populer di mata search engine yang pada akhirnya blog atau website kita muncul pada posisi teratas pada halaman hasil pencarian search engine. Dengan demikian pengunjung atau calon pelanggan akan menemukan blog atau website kita, sehingga kemungkinan terjadi transaksi semakin besar. Optimasi blog atau website dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu : dengan cara gratis ( search engine optimization / SEO ) dan dengan cara berbayar dengan beriklan di google adword. Khusus SEO ada dua metode yang mutlak harus dilakukan yaitu : ON-PAGE optimization dan OFF_PAGE optimization.

Monetizasi / menguangkan blog
Dengan memiliki blog atau website yang optimized dan konten yang berkualitas tinggi, maka blog dapat dijadikan sebagai sumber uang dan mesin penjualan yang efektif. Untuk memonetizasi atau menguangkan blog diperlukan satu langkah lagi, yaitu menambahkan fitur - fitur e-commerce ke dalam blog atau website. Sumber - sumber penghasilan online yang dapat ditambahkan ke dalam website adalah seperti : program Pay Per Click ( PPC ), Pay Per Sale, Pay Per Lead, dan menjual produk sendiri ( toko online ). Jika anda berminat membangun toko online, kami menyediakan panduan lengkap rahasia menjual produk fisik secara online. Selamat mencoba.

sumber : http://edyutomo.com/internet-dan-komputer/tahapan-membangun-bisnis-online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar