Senin, 07 Mei 2012

Korupsi dalam Perekonomian Indonesia

Korupsi (bahasa Latin: corruptio dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok). Secara harfiah, korupsi adalah perilaku pejabat publik, baik politikus|politisi maupun pegawai negeri, yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya, dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka.
Dalam kehidupan demokrasi di Indonesia praktek korupsi makin mudah ditemukan diberbagai bidang kehidupan yang akan mengakibatkan,
  1. Melemahnya nilai-nilai sosial.
  2. Merugikan keuangan Negara.
  3. Menghambat pertumbuhan ekonomi.
Korupsi harus diatasi agar tercapai pertumbuhan ekonomi yang sehat di indonesia. Korupsi memupuk tradisi perbuatan yang menguntungkan diri sendiri atau kelompok, yang mengesampingkan kepentingan publik. Dengan begitu korupsi menutup rapat- rapat kesempatan rakyat lemah menikmati pembangunan ekonomi dan kualitas hidup yang lebih baik. Untuk  itu kita harus membangkitkan kesadaran publik untuk melakukan kampanye anti korupsi mulai dari tiap individu. Segala kasus dibongkar, dan tidak tebang pilih.

Sumber & Referensi :
http://alisahbaniharahap.blogspot.com/2011/01/dampak-korupsi-terhadap-perekonomian.html
http://putrijulaiha.wordpress.com/2011/04/26/korupsi-mempengaruhi-perkembangan-ekonomi-indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar